Friday, December 15, 2006

Optimalkan Life's Skill Anda


Life's skill atau kompetensi merupakan suatu keahlian seseorang untuk menguasai orang lain atau lingkungan tertentu.Sekilas tampak mudah untuk menguasai Life's skill. Tapi ada beberapa teknik khusus dalam penguasaanya itu. Bukan hanya dari dalam diri, tapi untuk menguasai Life's skill juga butuh pembinaan dari pihak luar.
Oleh karena itu saat ini banyak bermunculan lembaga-lembaga pendidikan yang berorientasi pada pendidikan Life's skill, seperti decission making, planning dan organising, interpersonal communication, leadership, developing others, dan lain-lain.
Pintar saja memang belum menjanjikan seseorang bisa menjadi sukses, yang terpenting adalah penguasaan diri terhadap Life's skill. Kadang didalam kehidupan keseharian kita melihat, ada orang yang bisa memperoleh cummlaude dalam jenjang pendidikannya, belum tentu bisa memperoleh karir yang baik. Sedangkan ada orang yang saat sekolahnya bermalas-malasan tetapi mampu menjadi orang sukses. Inilah yang disebut Life's skill,dimana kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan menumbuhkan kepercayaan dalam bersosialisasi.
Pengoptimalan Life's skill Anda bisa di coba dengan team work atau marketing. Kedua hal itu bisa menjadi pembelajaran untuk membangun kepercayaan kepada orang lain dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri. Anda juga dapat mengukur life skill dengan cara, menghitung jumlah orang yang tersenyum dan perhatian terhadap apa saja yang Anda ucapkan atau jumlah mereka yang tidak peduli dengan apa yang Anda lakukan.
Jika Anda masih juga merasa belum optimal, perbanyaklah membaca buku-buku maupun belajar langsung dari pengalaman orang lain tentang Life's skill mereka. Semakin banyak pengalaman, semakin banyak Anda tau apa yang harus dilakukan.
Cara bersikap tergantung dari lingkungan mana Anda masuki yang penting adalah bagaimana Anda dapat menguasai diri dan tidak berpura-pura untuk menjadi orang selain Anda sendiri.

No comments: